Kamis, 11 Juni 2015

Kasus Kanibalisme di Alkitab


Seorang ibu di Samaria memasak anak laki-lakinya untuk dimakan karena kelaparan yang melanda negeri itu:
2 Raja-raja 6:28 Kemudian bertanyalah raja kepadanya: "Ada apa?" Jawab perempuan itu: "Perempuan ini berkata kepadaku: Berilah anakmu laki-laki, supaya kita makan dia pada hari ini, dan besok akan kita makan anakku laki-laki. 6:29 Jadi kami memasak anakku dan memakan dia. [Selengkapnya baca: 2 Raja-raja 6:24-30].--
**HEP**

Rabu, 10 Juni 2015

Yohanes 15:1-8 | Penelaahan Alkitab

Menjadi Ranting Yang Berbuah Banyak


Bahan Alkitab:  Yohanes 15:1-8
15:1    "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. 15:2    Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. 15:3    Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 15:4    Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. 15:5    Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 15:6    Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 15:7    Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 15:8    Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.".

BRDJ (Baca, Renungkan, Diskusikan, dan Jawab)





   1. Ilustrasi pengusaha kebun anggur dan ranting melukiskan hubungan orang Kristen, Yesus dan Bapa. Cocokkan nama-nama di bawah ini sesuai dengan fungsinya (Buat garis untuk menghubungkan).

Petani Kebun Anggur      �                  �        Tuhan Yesus
Pokok anggur                  �                  �        Orang Kristen
Ranting/Carang (dahan)  �                  �        Allah Bapa     


2. Perumpamaan ini menggambarkan Allah Bapa sebagai pengusaha kebun anggur. Pengusaha di sini memakai kata Yunani: ?e????? [baca: georgos], yang dalam Yakobus 5:7 kata ini diterjemahkan dengan �Petani�: �Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.�

a. Apa yang dilakukan petani kebun anggur terhadap ranting  yang tidak menghasilkan buah?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

b. Mengapa hal itu dilakukan terhadap ranting yang tidak menghasilkan buah?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

c. Apa yang dilakukan petani kebun anggur terhadap ranting  yang menghasilkan buah?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
d. Untuk apakah petani melakukan itu terhadap ranting yang menghasilkan buah?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------


3. Hal Pembersihan.

a. Dengan apakah Orang Kristen yang Menghasilkan Buah itu dibersihkan?   
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------  

b. Sebutkan 3 (tiga) tujuan pembersihan :
1. ------------------------------------------------------------------------
2. ------------------------------------------------------------------------
3. ------------------------------------------------------------------------

c. Bagaimana firman Tuhan itu �membersihkan� orang Kristen? (2 Tim 3:15-17; Ibr 4:12-13)
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

d. Bagaimanakah bentuk Firman Tuhan �membersihkan� orang Kristen saat ini? (Yesaya 26:9-10; Ibr 12:1-17; Why 3:19)
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------


4. Tuhan Yesus menyebut diri-Nya �pokok anggur yang benar� (Yunani: ? ?�pe??? ? ??????? [baca: he ampelos he alethine]) dan murid-murid-Nya/orang Kristen adalah �ranting-ranting�nya (Yunani: t? ???�ata [baca: ta klemata]). Definisi dari �tinggal� (Yunani: �??? [baca: men'-o]) adalah menetap, bertahan, diam, tunduk, patuh.

a. Apakah yang dimaksud Tuhan Yesus dengan berkata: �Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu� (ay 4a) sesuai dengan makna perumpamaan yang disampaikan-Nya ini?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

b. Hasil yang akan diperoleh orang Kristen yang tinggal di dalam �Pokok Anggur� adalah
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

c. Bagaimana orang Kristen diketahui �berbuah banyak/lebih banyak berbuah�? (Gal 5:16-26)
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

d. Apakah janji Tuhan Yesus bagi orang-orang Kristen yang berbuah banyak/lebih banyak berbuah?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

e. Orang Kristen seperti apakah yang disebut Yesus �murid-murid-Ku� (ay.8) ?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------

f. Apakah yang akan terjadi dengan orang-orang yang tidak tinggal di dalam Tuhan Yesus?
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------


PESAN FIRMAN TUHAN INI UNTUK KITA:

------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------


** HEP**

ARTIKEL LAINNYA

Selasa, 09 Juni 2015

Materi Kegiatan Perlombaan di Gereja | 6

E. CERDAS CERMAT
(Rebutan)

1. Seputar Gereja Anda
[Keterangan: silahkan membuat pertanyaan seputar gereja Anda, misalnya: Berapa jumlah KK dan Jiwa, Siapa Ketua Majelis/Pendeta jemaat yang pertama, dsb]
2. Alkitab
11. Dalam Injil Yohanes 1:35-51, Yohanes menuliskan hal pemanggilan murid-murid Yesus yang pertama. Di situ disebutkan bahwa salah seorang yang dipanggil Yesus menjadi murid-Nya di antara ke-12 murid-Nya, adalah bernama NATANAEL. Nama ini tidak populer dalam penyebutan nama-nama 12 murid Tuhan Yesus, walau sesungguhnya dia adalah salah satu di antaranya. Pertanyaan: Siapakah yang diidentifikasikan adalah Natanael ini di antara 12 nama murid Tuhan Yesus? (Bartolomeus)
12. Di antara 12 murid Tuhan Yesus, ada 3 (tiga) pasang murid adalah kakak beradik. Sebutkan! (1. Simon Petrus & Andreas, 2. Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, 3. Matius pemungut cukai (Lewi anak Alfeus - Mrk 2:14) dan Yakobus anak Alfeus).
13. Kata Tuhan Yesus, bila orang berbuat dosa kepada kita, berapa kalikah kita harus mengampuni dia? (70 x 7 kali � Mat 18:22)
14. Di masa kita ini dikenal kalimat sindirian yang berbunyi : �Like father, like son� atau seperti ayahnya, begitu juga anaknya. Ternyata sindirian itu juga terdapat di dalam Alkitab, yakni tertulis : �Lihat, setiap penyair akan mengatakan sindiran ini mengenai engkau:  Begitu ibu, begitu anak!.� Pertanyaan: Dalam kitab apakah Firman ini disebutkan? (Yehezkiel 16:44).
15. Dalam kitab apakah tertulis: �Terkutuklah orang yang melaksanakan pekerjaan TUHAN dengan lalai.� ? (Yeremia 48:10)
16. Kata dunia, jika sakit, minum obat, pasti sembuh. Tapi kata firman Tuhan makan banyak obat pun kalau Tuhan tidak katakan ia sembuh, maka sia-sia ia makan banyak obat, ia tidak akan sembuh, karena Tuhanlah yang menyembuhkan, bukan obat. Obat hanya alat di tangan Tuhan untuk menetapkan apakah orang itu akan sembuh atau tidak. Demikian firman Tuhan tentang ini tertulis: �Sia-sia engkau memakai banyak obat, kesembuhan tidak akan kaudapat�. Dalam kitab apakah firman Tuhan ini disebutkan? Pilih : a. Yehezkiel b. Pengkhotbah c. Yeremia d. Amos (Yeremia 46:11b).
17. Tahukah Anda, bahwa kalau Anda berbuat baik atau berbelas kasihan kepada orang yang lemah, yakni orang yang tidak bisa membalaskan kebaikan Anda, maka Anda membuat Tuhan berhutang kepada Anda untuk membalaskan kebaikan Anda itu? Demikianlah firman Tuhan berkata: �Siapa menaruh belas kasihan kepada orang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.� Pertanyaan: Dalam kitab apakah tertulis firman ini? (Amsal 19:17)
18. Entah mengapa, tidak sedikit orang Kristen, tidak beribadah di gereja di hari Minggu, tetapi memilih tidur, piknik, kerja atau melakukan kesenangan lainnya. Mungkin karena keadaan masih baik, sehingga orang menganggap ke gereja itu tidak perlu. Tapi nanti, akan ada masa penyiksaan dan penderitaa yang hebat atas manusia di bumi. Pada saat itu, orang-orang seakan baru insaf bahwa mereka perlu Tuhan. Orang-orang Kristen pada ingin lari ke Gedung Gereja untuk memohon pengasihan Tuhan. Tapi firman Tuhan berkata bahwa pada saat itu pintu-pintu gereja akan dibuat Tuhan tidak bisa dimasuki lagi hingga masa penderitaan yang menyiksa itu berakhir. Seperti tertulis: �Bait Suci itu dipenuhi asap karena kemuliaan Allah dan karena kuasa-Nya, dan seorang pun tidak dapat memasuki Bait Suci itu, sebelum berakhir ketujuh malapetaka dari ketujuh malakaikat itu.� Dalam kitab apakah hal ini disampaikan oleh Tuhan Yesus? (Wahyu 15:8)
19. Apakah judul lagu yang saya senandungkan ini? .... (KJ 418 BAHT�RA YANG DIPANDU YESUS / AKU BUKAN PASUKAN)
20. Tebaklah firman yang saya gerakan ini : ..... (�Aku haus.� Yoh 19:28)

Perlombaan selesai.--

**HEP**


?|| PREVIOUS : Materi Perlombaan Halaman 5 
GOD BLESS YOU||?

Senin, 08 Juni 2015

Materi Kegiatan Perlombaan di Gereja | 5

C. UJI KREATIFITAS
1. Kumpulkan Yang Tertulis
Kumpulkanlah dan bawalah kepada juri benda-benda yang tertulis di YESAYA 3:24.
3:18 Pada waktu itu Tuhan akan menjauhkan segala perhiasan mereka: (1) gelang-gelang kaki, (2) jamang-jamang [ket: perhiasan kepala (dipasang di atas dahi), dibuat dari emas atau perak], dan (3) bulan-bulanan; 3:19 (4) perhiasan-perhiasan telinga, (5) pontoh-pontoh [ket: gelang besar dari emas atau perak yang berukir naga atau merak yang dipakai di lengan atas (di atas siku) atau di atas pergelangan tangan] dan (6) kerudung-kerudung; 3:20 (7) perhiasan-perhiasan kepala, (8) gelang-gelang rantai kaki, (9) tali-tali pinggang, (10) tempat-tempat wewangian dan (11) jimat-jimat; 3:21 (12) cincin meterai dan (13) anting-anting hidung; 3:22 (14) pakaian-pakaian pesta, (15) jubah-jubah, (16) selendang-selendang dan (17) pundi-pundi; 3:23 (18) cermin-cermin, (19) baju-baju dalam dari kain lenan, (20) ikat-ikat kepala dan (21) baju-baju luar. 3:24 Maka sebagai ganti (22) rempah-rempah harum akan ada bau busuk sebagai ganti [ket: bila tak ada rempah harum, mereka dapat menggantikannya dengan benda yang berbau busuk, bila mereka jeli dengan kalimat di sini. Tapi Anda tidak boleh menyampaikan itu. Biarkan kejelian mereka menjadi tambahan point untuk nilai mereka.] (23) ikat pinggang (24) seutas tali, sebagai ganti selampit [ket: kepangan atau pintalan yang pipih (rambut, tali)] (25) rambut kepala yang gundul, sebagai ganti (26) pakaian hari raya sehelai (27) kain kabung; dan (28) tanda selar [ket: cap (tanda) yg diterakan dengan besi yang membara pd kulit orang terhukum atau pada kulit binatang] sebagai ganti kemolekan.
[Keterangan: Kelompok memegang Alkitabnya masing-masing, yang baru dibuka setelah soal selesai Anda bacakan. --- Kelompok yang juara adalah kelompok yang paling banyak mengumpulkan benda-benda tersebut dengan kreatifitasnya masing-masing.]

Ini contohnya, mengeluarkan baju dalam untuk memenuhi benda "baju-baju dalam". Seru ramenya, seru lucunya ... banget :-)

2. Barisan Tidak Terputus Paling Panjang.
Buatlah barisan yang sedapat mungkin menjadi barisan tidak terputus paling panjang.
[Keterangan: Lihatlah kelompok yang jumlah anggotanya paling sedikit, dan tetapkanlah jumlah peserta lomba setiap kelompok sesuai dengan jumlah kelompok yang paling sedikit itu, agar jumlah peserta barisan di setiap kelompok adalah sama. --- Diharapkan setiap kelompok akan memiliki ide-ide-ide untuk membuat barisan mereka lebih panjang dari ukuran tangan mereka yang saling berpaut, misalnya dengan menambahkan kain selendang, ikat pinggang, dsb. Yang terpenting adalah barisan mereka tidak terputus, satu peserta terhubung dengan peserta lainnya dengan media penghubung yang mereka ciptakan.]

D. UJI KEKOMPAKAN
PERMAINAN BENAR SALAH
Permainan ini tidak akan menjadi jelas bila ditulis. Untuk jelasnya, silahkan lihat Video ini di bawah ini:


Anda tinggal mengubah format perintah "
1. SALAH BENAR SALAH BENAR
2. BENAR BENAR SALAH BENAR
3. SALAH SALAH BENAR SALAH
4. BENAR SALAH BENAR SALAH
**HEP**
Selanjutnya Perlombaan Kategori Cerdas Cermat (Next)

?|| PREVIOUS : Materi Perlombaan Halaman 4

Materi Kegiatan Perlombaan di Gereja | 4

Kategori Pengetahuan Nyanyian Jemaat Soal II
2. Paparan Syair
1. BILA TUGASKU KELAK SELESAI (KJ 265)
Rasul Paulus menulis: �Bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.� (Flp 1:21). Hidup dan mati orang percaya, tak ada bedanya, keduanya bersama dengan Tuhan Yesus. Karena itu dalam lagu yang diciptakan pada tahun 1900 ini, Charles H. Gabriel, sang pencipta, menulis bahwa kematian adalah kebahagiaan baginya. Dalam syairnya ia berkata: �Bila kupandang Tuhanku kelak, aku bahagia.� Demikian sepenggal syair lagu ini. Charles H. Gabriel berbahagia bila tugasnya di dunia ini telah selesai karena ia akan disambut di sorga cerah, memandang sinar wajah Tuhan, dan berjumpa dengan teman, ... bagi Charles itulah kebahagiaannya ... kebahagiaan yang tetap. Apakah judul lagu KJ ini yang dalam bahasa aslinya berjudul: �When All My Labours and Trials Are O�er/O That Will Be Glory.�? 
2. DISALIBMU �KUSUJUD (KJ 361)
Syair lagu berjudul �I am coming to the cross� ini ditulis pada tahun 1870 oleh seorang Pastor Amerika dari Gereja Metodis Episkopal, yakni William McDonald. Syair ini kemudian diberi lantunan nada oleh seorang Profesor Musik bernama William Gustavus Fischer. Penggalan lagu ini bersyair: �Yesus, Kau harapanku, agar aku s�lamatlah.� Yang miskin, buta dan lemah sujud di salib Yesus dan percaya kepada Dia, Anak domba Golgota. Demikianlah KJ 361 ini adalah salah satu lagu yang memberi kesaksian bahwa hanya di dalam Yesus diri kita dis�lamatkan.
3. BAWA PERSEMBAHANMU (PKJ 146)
Sepertinya tak banyak yang memperhatikan bahwa lagu yang kerap kita nyanyikan ini adalah buah karya dari seorang Putra Maluku, yang lahir di Saparua (Maluku), 3 Februari 1961. Arnoldus Isaak Apituley. Demikianlah nama Sang Pencipta lagu ini, yang syairnya mengajak kita untuk membawa persembahan ke dalam rumah Tuhan. Arnoldus termasuk penulis lagu yang sangat produktif, khususnya untuk nyanyian jemaat . Dalam buku Pelengkap kidung Jemaat (PKJ) yang semuanya berjumlah 308 lagu, 28 di antaranya adalah karyanya, termasuk lagu ini, yakni PKJ 146. Selain itu, beberapa karya yang telah dihasilkan antara lain : menulis beberapa lagu dalam buku Kidung Sekolah Minggu,  membuat aransemen untuk Kidung Jemaat akord dan Pelengkap Kidung Jemaat Empat Suara. Pengalaman musik beliau yang lain ialah penggubah nyanyian ibadah, jemaat, dan  paduan suara, pengajar paduan suara dan vokal grup digereja-gereja, sekolah dan perguruan tinggi. Sering menjadi juri untuk festival paduan suara, vokal grup, menyanyi solo. Beliau juga adalah anggota Tim Inti Nyanyian Gereja (TING) Yamuger dan Anggota Departemen Teologia GPIB. Nah, apakah judul lagu salah satu karya Arnoldus yang syairnya mengajak kita untuk mengucap syukur dengan membawa persembahan sebagai tanda sukacita kita?
5. SEBARKAN WARTANYA (NKB 102)
The Comforter Has Come: demikianlah Frank Bottome memberi judul bagi syair lagu ini. Lagu ini memberi semangat bagi setiap orang percaya untuk mewartakan kabar hadirnya Roh Allah Yang Kudus kepada umat manusia yang hidup berkesah di dunia yang resah, bimbang dan cemas. Roh Penghibur itu sudah tiba! Hendaklah setiap percaya memaklumkannya.

Perlengkapan
Berikut lembaran soal paparan setiap lagu yang akan dipilih oleh setiap pemimpin kelompok untuk menjadi soal bagi kelompok mereka. Gunting, lalu gulung/lipat.

"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

The Comforter Has Come: demikianlah Frank Bottome memberi judul bagi syair lagu ini. Lagu ini memberi semangat bagi setiap orang percaya untuk mewartakan kabar hadirnya Roh Allah Yang Kudus kepada umat manusia yang hidup berkesah di dunia yang resah, bimbang dan cemas. Roh Penghibur itu sudah tiba! Hendaklah setiap percaya memaklumkannya.

"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sepertinya tak banyak yang memperhatikan bahwa lagu yang kerap kita nyanyikan ini adalah buah karya dari seorang Putra Maluku, yang lahir di Saparua (Maluku), 3 Februari 1961. Arnoldus Isaak Apituley. Demikianlah nama Sang Pencipta lagu ini, yang syairnya mengajak kita untuk membawa persembahan ke dalam rumah Tuhan. Arnoldus termasuk penulis lagu yang sangat produktif, khususnya untuk nyanyian jemaat . Dalam buku Pelengkap kidung Jemaat (PKJ) yang semuanya berjumlah 308 lagu, 28 di antaranya adalah karyanya, termasuk lagu ini, yakni PKJ 146. Beliau juga adalah anggota Tim Inti   Nyanyian Gereja (TING) Yamuger dan Anggota Departemen Teologia GPIB. Nah, apakah judul lagu salah satu karya Arnoldus ini, yang syairnya mengajak kita untuk mengucap syukur dengan membawa persembahan sebagai tanda sukacita kita?

"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Rasul Paulus menulis: �Bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.� (Flp 1:21). Hidup dan mati orang percaya, tak ada bedanya, keduanya bersama dengan Tuhan Yesus. Karena itu dalam lagu yang diciptakan pada tahun 1900 ini, Charles H. Gabriel, sang pencipta, menulis bahwa kematian adalah kebahagiaan baginya. Dalam syairnya ia berkata: �Bila kupandang Tuhanku kelak, aku bahagia.� Demikian sepenggal syair lagu ini. Charles H. Gabriel berbahagia bila tugasnya di dunia ini telah selesai karena ia akan disambut di sorga cerah, memandang sinar wajah Tuhan, dan berjumpa dengan teman, ... bagi Charles itulah kebahagiaannya ... kebahagiaan yang tetap. Apakah judul lagu KJ ini yang dalam bahasa aslinya berjudul: �When All My Labours and Trials Are O�er/O That Will Be Glory.� ?
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Syair lagu berjudul �I am coming to the cross� ini ditulis pada tahun 1870 oleh seorang Pastor Amerika dari Gereja Metodis Episkopal, yakni William McDonald. Syair ini kemudian diberi lantunan nada oleh seorang Profesor Musik bernama William Gustavus Fischer. Penggalan lagu ini bersyair: �Yesus, Kau harapanku, agar aku s�lamatlah.� Yang miskin, buta dan lemah sujud di salib Yesus dan percaya kepada Dia, Anak domba Golgota. Demikianlah KJ 361 ini adalah salah satu lagu yang memberi kesaksian bahwa hanya di dalam Yesus diri kita dis�lamatkan.
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

**HEP**
Selanjutnya Kategori Uji Kreatifitas dan Uji Kekompakan (Next)

?|| PREVIOUS : Materi Perlombaan Halaman 3

Materi Kegiatan Perlombaan di Gereja | 3

B. PENGETAHUAN NYANYIAN JEMAAT
     (TEBAK JUDUL LAGU)
1. Senandung/Instrumen Lagu
1. Segala Benua dan Langit Penuh (KJ 281)
2. Kudaki Jalan Mulia (KJ 400)
3. Sang Maha Tabib T�lah Dekat (KJ 149)
4. Tuntun Aku, Tuhan Allah (KJ 412)
5. Agunglah Kasih Allahku (NKB 17)
6. Nun di Bukit Yang Jauh (NKB 83)
7. Dari Kungkungan Malam Gelap (NKB 10)
8. Sudahkah Yang Terbaik Kuberikan (NKB 199)
9. Mulia, Mulia Namanya (PKJ 2)
10. FirmanMu Kupegang Selalu (PK 255)
11. Sering Kutanya Pada Diriku (PKJ 201)
12. Kita Masuk RumahNya (PKJ 13)
[Keterangan: Anda sendiri menyenandungkan lagu ini atau menggunakan alat musik dan kelompok menebak JUDUL Lagunya. --- Setiap kelompok mendapat 3 (tiga) pertanyaan. --- Pimpinan kelompok maju untuk memilih 3 (tiga) gulungan/lipatan yang berisi judul-judul Nyanyian Jemaat yang akan mereka tebak. Lalu kembali ke kelompoknya.] 

Perlengkapan
Berikut perlengkapan untuk lembaran soal yang akan dipilih oleh setiap pemimpin kelompok. Anda tinggal mengguntingnya, lalu menggulung atau melipatnya sehingga tidak terbaca oleh peserta lomba.

"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Segala Benua dan Langit Penuh (KJ 281)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kudaki Jalan Mulia (KJ 400)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sang Maha Tabib T�lah Dekat (KJ 149)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tuntun Aku, Tuhan Allah (KJ 412)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Agunglah Kasih Allahku (NKB 17)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nun di Bukit Yang Jauh (NKB 83)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dari Kungkungan Malam Gelap (NKB 10)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sudahkah Yang Terbaik Kuberikan (NKB 199)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mulia, Mulia Namanya (PKJ 2)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FirmanMu Kupegang Selalu (PK 255)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sering Kutanya Pada Diriku (PKJ 201)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kita Masuk RumahNya (PKJ 13)
"----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

**HEP**
Selanjutnya Kategori Pengetahuan Nyanyian Jemaat Soal II (Next)

?|| PREVIOUS : Materi Perlombaan Halaman 2

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India