Rabu, 09 Maret 2011

Daftar Perumpamaan Yesus

Daftar perumpamaan Tuhan Yesus dalam ke-4 Kitab Injil: Matius, Markus, Lukas, Yohanes.

Dalam Injil MATIUS

    * Perumpamaan dua macam dasar (Matius 7:24-27)
    * Perumpamaan seorang penabur (Matius 13:3-23)
    * Perumpamaan lalang di antara gandum (Matius 13:24-30)
    * Perumpamaan biji sesawi (Matius 13:31-32)
    * Perumpamaan ragi (Matius 13:33)
    * Perumpamaan harta terpendam (Matius 13:44)
    * Perumpamaan mutiara yang berharga (Matius 13:45-46)
    * Perumpamaan pukat (Matius 13:47-50)
    * Perumpamaan domba yang hilang (Matius 18:12-14)
    * Perumpamaan pengampunan (Matius 18:22-35)
    * Perumpamaan orang-orang upahan di kebun anggur(Matius 20:1-16)
    * Perumpamaan dua orang anak (Matius 21:28-32)
    * Perumpamaan penggarap-penggarap kebun anggur (Matius 21:33-44)
    * Perumpamaan perjamuan kawin (Matius 22:1-14)

Tentang akhir zaman:

    * Perumpamaan pohon ara (Matius 24:32-35)
    * Nasihat supaya berjaga-jaga (Matius 24:37-44)
    * Perumpamaan hamba yang setia dan hamba yang jahat (Matius 24:45-51)
    * Perumpamaan gadis-gadis yg bijaksana & gadis2 yg bodoh (Matius 25:1-13)
    * Perumpamaan talenta (Matius 25:14-30)
    * Perumpamaan domba dan kambing (Matius 25:31-34)

Yang kadangkala juga disebut perumpamaan:

    * Perumpamaan garam dunia dan terang dunia (Matius 5:13-16)
    * Perumpamaan selumbar dan balok (Matius 7:3-5)
    * Perumpamaan kain yang baru dan anggur yang baru (Matius 9:16-17)
    * Perumpamaan anak-anak di pasar (Matius 11:16-19)
    * Perumpamaan dua orang buta (Matius 15:14)

Dalam Injil MARKUS

    * Perumpamaan seorang penabur (Markus 4:1-20)
    * Perumpamaan pelita dan ukuran (Markus 4:21�25)
    * Perumpamaan benih yang tumbuh (Markus 4:26-29)
    * Perumpamaan biji sesawi (Markus 4:30-34)
    * Perumpamaan penggarap-penggarap kebun anggur (Markus 12:1-12)
    * Perumpamaan pohon ara (Markus 13:28-31)
    * Nasihat supaya berjaga-jaga (Markus 13:34-36)

Dalam Injil LUKAS

    * Dua macam dasar (Lukas 6:47-49)
    * Perumpamaan seorang penabur (Lukas 8:4-15)
    * Perumpamaan tentang pelita (Lukas 8:16-18)
    * Orang Samaria yang murah hati (Lukas 10:25-37)
    * Perumpamaan orang yang meminjam roti (Lukas 11:5-13)
    * Orang kaya yang bodoh (Lukas 12:13-21)
    * Perumpamaan kewaspadaan (Lukas 12:35-40)
    * Perumpamaan hamba yang setia dan hamba yang jahat (Lukas 12:41-48)
    * Perumpamaan tentang pohon ara yang tidak berbuah (Lukas 13:6-9)
    * Perumpamaan tentang biji sesawi dan ragi (Lukas 13:18-21)
    * Perumpamaan tentang orang-orang yang berdalih (Lukas 14:15-24)
    * Perumpamaan domba yang hilang (Lukas 15:3-7)
    * Perumpamaan tentang dirham yang hilang (Lukas 15:8-10)
    * Perumpamaan tentang anak yang hilang (Lukas 15:11-32)
    * Perumpamaan tentang bendahara yg tidak jujur (Lukas 16:1-9 / smp 13)
    * Orang kaya dan Lazarus yang miskin (Lukas 16:19-31)
    * Perumpamaan tentang hakim yang tak benar (Lukas 18:1-8)
    * Perumpamaan tentang orang Farisi dengan pemungut cukai (Lukas 18:9-14)
    * Perumpamaan tentang uang mina (Lukas 19:11-27)

    * Perumpamaan penggarap-penggarap kebun anggur (Lukas 20:9-19)
    * Perumpamaan pohon ara (Lukas 21:29-33)
    * Nasihat supaya berjaga-jaga (Lukas 21:34-38)

Yang kadangkala juga disebut perumpamaan:

    * Perumpamaan anak-anak di pasar (Lukas 7:31-35)
    * Perumpamaan dua orang berutang (Lukas 7:41-43)
    * Perumpamaan perencanaan (Lukas 14:28-33)
    * Perumpamaan garam (Lukas 14:34-35)
    * Perumpamaan hamba-hamba yang tidak berguna (Lukas 17:7-10)

Dalam Injil YOHANES

Injil Yohanes adalah Injil yang paling sedikit mencantumkan mujizat yang Yesus lakukan

    * Perumpamaan Gembala yang baik (Yohanes 10:1-21)
    * Perumpamaan pokok anggur yang benar (Yohanes 15:1-15)

Aliansi Gereja-gereja Reformasi se-Dunia (WARC)



Gereja-gereja Reformasi se-Dunia (World Alliance of Reformed Churches - WARC) adalah persekutuan Gereja-gereja Reformasi se-dunia yang berasal dari tradisi Gereja-gereja Kongregasional, Presbyterian, Reformasi, dan Gereja-gereja bersatu yang semuanya berakar pada Yohanes Calvin, John Knox dan lain-lainnya era Reformasi abad ke-16 di Eropa Barat (Prancis, Swiss, Italia, dll).

Terbentuk pada tahun 1875 di London dengan 21 Gereja Presbyterian dari Eropa dan Amerika Utara, WARC kini beranggotakan 214 Sinode Gereja di 107 negara di seluruh dunia dengan kurang lebih 75 juta jiwa  orang percaya.

Persidangan di Grand Rapids mencatat suatu peristiwa penting dengan bergabungnya WARC dan Reformed Ecumenical Council (REC) membentuk organisasi World Communion of Reformed Churches (WCRC). 

Berikur daftar gereja-gereja anggota WARC :

Algeria
- Protestant Church of Algeria

American Samoa
- Congregational Christian Church in American Samoa

Angola, Republic of
- Evangelical Reformed Church of Angola

Angola, Republic of
- Evangelical Congregational Church in Angola

Argentina
- Evangelical Church of the River Plate
- Presbyterian Church of Argentina
- Reformed Churches in Argentina
- Evangelical Congregational Church

Australia
- Uniting Church in Australia
- Congregational Federation of Australia

Austria
- Reformed Church in Austria

Bangladesh
- St. Thomas' Church

Belgium
- United Protestant Church of Belgium

Bolivia
- Evangelical Presbyterian Church in Bolivia

Botswana
- Dutch Reformed Church in Botswana

Brazil
- Presbyterian Church of Brazil
- Independent Presbyterian Church of Brazil
- United Presbyterian Church of Brazil
- Christian Reformed Church of Brazil
- Evangelical Reformed Churches in Brazil
- Arab Evangelical Church of Sao Paulo

Bulgaria
- Union of Evangelical Congregational Churches in Bulgaria

Burkina Faso
- Reformed Evangelical Church of Burkina Faso

Cameroon
- Presbyterian Church of Cameroon
- African Protestant Church
- Evangelical Church of Cameroon
- Presbyterian Church in Cameroon

Canada
- The Presbyterian Church in Canada/
- L'Eglise presbyt�rienne au Canada
- United Church of Canada

Central African Republic
- Protestant Church of Christ the King

Chile
- Presbyterian Evangelical Church in Chile
- Presbyterian Church of Chile

China / Hong Kong
-  The Hong Kong Council of the Church of Christ in China

China / Peoples Republik of
- China Christian Council

Colombia
- Presbyterian Church of Colombia

Congo, Democratic Republic
- Presbyterian Community in Congo
- Presbyterian Community of Eastern Kasai
- Reformed Community of Presbyterians
- Presbyterian Community of Kinshasa
- Presbyterian Community of Western Kasai? /
- Reformed Presbyterian Community in Africa
- Evangelical Community in Congo
- Protestant Community of Shaba

Congo, Republic
- Evangelical Church of Congo

Costa Rica
- Costarrican Evangelical Presbyterian Church

Croatia
- Reformed Christian Church in Croatia

Cuba
- Presbyterian Reformed Church in Cuba

Czech Republic
- Evangelical Church of Czech Brethren /
- Evangelische Kirche der B�hmischen Br�der

Denmark
- Reformed Synod of Denmark

Dominican Republic
- Dominican Evangelical Church

East Timor
- Christian Church in East Timor Gereja Kristen di Timor Timur

Egypt
- Evangelical Church of Egypt - Synod of the Nile

El Salvador
- Reformed Calvinist Church of El Salvador

Equatorial Guinea
- Reformed Presbyterian Church of Equatorial Guinea

Ethiopia
- Ethiopian Evangelical Church Mekane Yesus

France
- Reformed Church of France
- Reformed Church of Alsace and Lorraine
- Malagazy Protestant Church in France

French Polynesia
- Ma�hi Protestant Church

Germany
- Church of Lippe
- Evangelical Reformed Church
- Reformed Alliance

Ghana
- Presbyterian Church of Ghana
- Evangelical Presbyterian Church, Ghana

Greece
- Greek Evangelical Church

Grenada
- Presbyterian Church in Grenada

Guatemala
- National Evangelical Presbyterian Church of Guatemala

Guyana
- Presbytery of Guyana
- Guyana Congregational Union
- Guyana Presbyterian Church

Honduras
- Christian Reformed Church of Honduras

Hungary
- Reformed Church in Hungary

India
- Lairam Church of Jesus Christ
- Evangelical Church of Maraland
- Reformed Presbyterian Church, North East India
- Church of South India
- Church of North India
- The Congregational Church of India (Maraland)
- Presbyterian Church of India

Indonesia
- Indonesian Protestant Church in Gorontalo
- Christian Church in Luwuk Banggai
- Christian Evangelical Church in Bolaang Mongondow
- Protestant Church in the Moluccas
- Pasundan Christian Church
- The Christian Evangelical Church in Halmahera
- Protestant Church in Southeast Sulawesi
- Karo Batak Protestant Church
- Protestant Christian Church in Bali
- Christian Evangelical Church in Minahasa
- Christian Evangelical Church in Sangihe-Talaud
- Toraja Church
- Evangelical Church in Kalimantan
- Christian Church in South Sulawesi
- Christian Evangelical Church in Timor
- Toraja Mamasa Church
- Indonesian Christian Church
- Christian Church in Central Sulawesi
- Protestant Church in West Indonesia
- Evangelical Christian Church in West Papua
- Christian Church of Southern Sumatra
- Indonesian Protestant Church in Buol Toli-Toli
- Christian Churches of Java
- Christian Church of Sumba
- Indonesian Protestant Church in Donggala
- The East Java Christian Church

Iran
- Synod of the Evangelical Church of Iran

Israel
- St. Andrew's Scots Memorial Church

Italy
- Waldensian Evangelical Church
(Union of Waldensian and Methodist Churches)

Jamaica
- The United Church in Jamaica and the Cayman Islands

Japan
- Church of Christ in Japan
- Korean Christian Church in Japan

Kenya
- Presbyterian Church of East Africa
- Reformed Church of East Africa

Kiribati
- Kiribati Protestant Church

Korea, Republic of
- TongHap
- DaeShin I
- HapDongJeongTong (Hap Dong Chung Tong)
- KiJang

Latvia
- Reformed Church in Latvia

Lebanon
- Union of the Armenian Evangelical Churches in the Near East

Lebanon
- National Evangelical Synod of Syria and Lebanon
- The National Evangelical Union of Lebanon

Lesotho
- Lesotho Evangelical Church

Liberia
- Presbyterian Church of Liberia

Lithuania
- Synod of the Evangelical Reformed Church - Unitas Lithuaniae
  
Luxembourg
- Protestant Reformed Church of Luxemburg H.B.

Madagascar
- Church of Jesus Christ in Madagascar Eglise de J�sus-Christ � Madagascar

Malawi
- General Synod

Malaysia
- Presbyterian Church in Malaysia

Marshall Island
- United Church of Christ-Congregational in the Marshall Islands
- Reformed Congregational Churches

Mauritius
- Presbyterian Church of Mauritius

Mexico
- National Presbyterian Church in Mexico, A. R.
- Associate Reformed Presbyterian Church of Mexico
- Presbyterian Reformed Church of Mexico

Morocco
- Evangelical Church in Morocco

Mozambique
- Presbyterian Church of Mozambique
- United Church of Christ in Mozambique
- Evangelical Church of Christ in Mozambique

Myanmar
- Mara Evangelical Church
- Independent Presbyterian Church of Myanmar
- The Presbyterian Church of Myanmar

Netherlands
- (former: Nederlandse Hervormde Kerk)
The Protestant Church in the Netherlands
- Remonstrant Brotherhood
- (former: Gereformeerde Kerken in Nederland)
The Protestant Church in the Netherlands

New Caledonia
- Evangelical Church in New Caledonia and Loyalty Islands

New Zealand
- Presbyterian Church of Aotearoa New Zealand

Niger
- Evangelical Church of the Republic of Niger Eglise �vang�lique de la R�publique du Niger

Nigeria
- Presbyterian Church of Nigeria
- Christian Reformed Church of Nigeria
- Church of Christ in the Sudan among the TIV
- Evangelical Reformed Church of Christ
- Reformed Church of Christ in Nigeria
- United Church of Christ in Nigeria

Niue
- Church of Niue

Pakistan
- Sialkot Diocese of the Church of Pakistan
- Presbyterian Church of Pakistan

Philippines
- United Church of Christ in the Philippines
- United Evangelical Church of Christ

Poland
- Evangelical Reformed Church in Poland

Portugal
- Evangelical Presbyterian Church of Portugal

Reunion
- Protestant Church of Reunion Island

Romania
- Reformed Church in Romania - Transylvanian District
- Reformed Church in Romania (Oradea)

Rwanda
- Presbyterian Church in Rwanda

Senegal
- Protestant Church of Senegal

Serbia and Montenegro
- Reformed Christian Church in Serbia and Montenegro

Singapore
- Presbyterian Church in Singapore

Slovakia
- Reformed Christian Church in Slovakia
- Reformed Church in Slovenia

Solomon Islands
- United Church in the Solomon Islands

South Africa
- Uniting Reformed Church in Southern Africa
- Reformed Church in Africa, South Africa
- Evangelical Presbyterian Church in South Africa
- Presbyterian Church of Africa
- Uniting Presbyterian Church in Southern Africa
- United Congregational Church of Southern Africa
- Peoples Church of Africa
- Dutch Reformed Church

Spain
- Spanish Evangelical Church

Sri Lanka
- Dutch Reformed Church in Sri Lanka (Ceylon)
- Presbytery of Lanka

Sudan
- Africa Inland Church Sudan

Sweden
- The Mission Covenant Church of Sweden

Switzerland
- Federation of Swiss Protestant Churches, F�d�ration des Eglises protestantes de Suisse, Federazione delle Chiese evangeliche della Svizzera

Taiwan (China, Republic of)
- Presbyterian Church in Taiwan

Thailand
- Church of Christ in Thailand

Togo
- Evangelical Presbyterian Church of Togo

Trinidad and Tobago
- Presbyterian Church in Trinidad and Tobago

Tunisia
- Reformed Church in Tunisia

Tuvalu
- Tuvalu Christian Church

Uganda
- Reformed Presbyterian Church in Uganda

Ukraine
- Reformed Church in Sub-Carpathia/
- Reformed Church in Transcarpathia

United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland
- Church of Scotland
- Presbyterian Church of Wales
- Union of Welsh Independents
- United Free Church of Scotland
- United Reformed Church
- The Presbyterian Church in Ireland

United States of America
- Lithuanian Evangelical Reformed Church
- Presbyterian Church (USA)
- Christian Reformed Church in North America
- Cumberland Presbyterian Church
- Reformed Church in America
- Cumberland Presbyterian Church in America
- United Church of Christ
- Evangelical Presbyterian Church
- Hungarian Reformed Church in America
- Korean Presbyterian Church in America

Uruguay
- Waldensian Evangelical Church of the River Plate

Vanuatu
- Presbyterian Church of Vanuatu

Venezuela
- Presbyterian Church of Venezuela

Western Samoa
- Congregational Christian Church in Samoa

Zambia
- United Church of Zambia
- Reformed Church in Zambia

Zimbabwe
- Reformed Church in Zimbabwe
- Presbyterian Church of Southern Africa

[Updating: Sidang Umum di Grand Rapids, Michigan, United States Juni 2010 - from situs WARC]

Selasa, 08 Maret 2011

Jadi Pelupa | Humor

Seorang Bapak datang ke tempat praktek dokter.

Pasien :
Dok, saya ini secara fisik, sehat.
Namun akhir-akhir ini, saya jadi PELUPA.
Saya bisa melupakan apa saja dalam seketika.
Apa yang harus saya lakukan, dok? :-(

Dokter :
Hmm begitu yha ....
Kalau begitu, sebaiknya bapak bayar dulu ongkos pemeriksaan yha ... :-)

?|| PREVIOUS : Humor 4

Seputar Tubuh Manusia

seputar tubuh manusia

Banyak fakta seputar tubuh manusia yang belum banyak diketahui. Jika anda mengaku sudah bisa mengenal tubuh dengan baik tentunya juga tahu tentang fakta-fakta ini.


Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ dan jaringan yang bisa bekerja sama, hal ini membuat seseorang bisa hidup dengan baik. 

Dikutip dari Howstuffworks, Kamis (29/7/2010) ada 16 fakta menarik seputar tubuh manusia, yaitu: 

1. Cetakan lidah (tongue print)
Jika ingin menyembunyikan identitas diri, sebaiknya tidak menjulurkan lidah secara sembarangan. Karena sama seperti jari, setiap orang memiliki cetakan lidah yang berbeda-beda. 


2. Ganti kulit
Ternyata tidak hanya hewan yang bisa mengalami ganti kulit. Karena manusia merontokkan 600.000 partikel kulit setiap jamnya, sehingga diperkirakan rata-rata orang kehilangan 10 pon kulit pada usia 70 tahun. 

3. Tulang bayi lebih banyak dari orang dewasa
Orang dewasa memiliki jumlah tulang yang lebih sedikit dibandingkan saat masih bayi. Saat memulai kehidupan seseorang memiliki 350 tulang, tapi seiring pertumbuhan, beberapa tulang ada yang menyatu sehingga saat dewasa hanya memiliki 206 tulang. 

4. Lapisan perut berganti setiap 3-4 hari
Tanpa disadari setiap 3-4 hari seseorang akan mendapatkan lapisan perut yang baru. Karena jika tidak ada pergantian lapisan, asam di perut yang harusnya menghancurkan makanan malah akan menghancurkan dinding perut. 


5. Hidung mampu mencium 50 ribu bau
Hidung manusia memang tidak memiliki sensitifitas yang tinggi seperti anjing, tapi hidung manusia mampu mengingat 50.000 bau yang berbeda. 


6. Ukuran usus sangat panjang
Usus kecil manusia sekitar empat kali rata-rata tinggi orang dewasa. Karena itu jika tidak melingkar bolak balik, maka usus yang panjangnya 548,64cm � 701,04cm ini tidak akan bisa masuk ke dalam rongga perut dan bentuknya akan berantakan.
7. Ada 32 juta bakteri di kulit manusia
Setiap inci dari kulit tubuh manusia memiliki sekitar 32 juta bakteri di atasnya, tapi beruntungnya sebagian besar dari bakteri ini tidak berbahaya. 


8. Sumber dari bau badan
Sumber dari bau kaki dan ketiak adalah akibat keringat. Dan sepasang kaki memiliki 500.000 kelenjar keringat yang bisa menghasilkan setengah liter lebih keringat setiap harinya. 


9. Kecepatan bersin
Udara yang dikeluarkan ketika seseorang bersin bisa memiliki kecepatan 100 mil per jam atau lebih. Karena itu seseorang diharuskan untuk menutup hidung dan mulutnya ketika sedang bersin, hal ini agar bakteri atau kuman yang dikeluarkan tidak menulari orang lain. 


10. Perjalanan darah di dalam tubuh
Darah yang mengalir di dalam pembuluh darah memiliki panjang perjalanan sekitar 60.000 mil di dalam tubuh manusia. Selain itu pompa jantung bekerja keras sekitar 2.000 galon darah yang melalui pembuluh darah setiap harinya. 


11. Punya 25 ribu liter air ludah
Seseorang mungkin tidak pernah membayangkan akan berenang di dalam air liur. Tapi dalam seumur hidupnya, rata-rata seseorang memproduksi sekitar 25.000 liter air liur. Hal ini berarti air liur seseorang cukup untuk mengisi dua kolam renang. 


12. Suara mendengkur yang keras
Pada usia 60 tahun, sekitar 60 persen laki-laki dan 40 persen perempuan akan mendengkur. Tapi suara mendengkur ini bisa membuat seseorang menjadi tuli. Rata-rata suara dengkuran seseorang memiliki tingkat kebisingan sekitar 60 desibel, tapi ada juga yang bisa mencapai 80 desibel yang mana setara dengan suara bor untuk memutus beton. 


13. Warna dan jumlah rambut
Warna rambut ternyata juga menentukan seberapa banyak jumlah rambut yang dimilikinya. Orang dengan rambut pirang memiliki sekitar 146.000 folikel, rambut hitam memiliki sekitar 110.000 folikel, rambut coklat sekitar 100.000 folikel, rambut merah sekitar 86.000 folikel. Dari masing-masing folikel ini akan memproduksi 20 helai rambut. 


14. Pertumbuhan kuku
Kuku yang sering digunakan akan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, karena itu kuku jari tangan akan lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku jari kaki. Dan rata-rata pertumbuhan kuku sekitar sepersepuluh inci (0,254 cm) setiap bulannya. 


15. Berat kepala
Tidak mengherankan jika seorang bayi sangat sulit untuk mengangkat kepalanya, karena kepala manusia saat dilahirkan adalah seperempat dari total panjang tubuhnya. Sedangkan saat mencapai dewasa, berat kepalanya hanya seperdelapan dari total panjang tubuh seseorang. 


16. Membutuhkan tidur
Seseorang mungkin bisa pergi tanpa makan selama berminggu-minggu tanpa menyerah. Tapi jika selama sebelas hari seseorang tidak tidur sama sekali, maka orang tersebut akan tidur selamanya.*** 


From: In My Mystery; Date: 03/03/11 11:14:21;To: engglina's Inbox

SHALOM

Pemberian Tanda Penghargaan (Anak Sekolah Minggu)

Guru-guru Sekolah Minggu seringkali dibuat pusing dengan sikap dan prilaku anak-anak Sekolah Minggu yang terkadang sulit tertib dalam mengikuti ibadat. Coba adakan sistem pemberian tanda penghargaan. Sistem pemberian tanda penghargaan bisa diterapkan dengan sangat baik untuk murid-murid pada segala usia. 

Tanda penghargaan bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti mendapatkan stiker atau kertas berbentuk bintang berwarna kuning pada setiap pertemuan untuk tingkah laku mereka yang dapat menjadi teladan. Pada tanda bintang itu dituliskan beberapa hal penting yang membuat anak tersebut layak mendapat bintang. Misalnya, datang tidak terlambat, tidak bermain-main saat beribadah, membawa Alkitab, berucap santun (tidak mengeluarkan kata-kata kotor), dengar-dengaran, menyanyi saat  menyanyi, berdoa saat berdoa, dan sebagainya.


Lihat contoh di bawah di bawah ini:










Seorang anak bisa mendapatkan banyak bintang dalam sekali pertemuan. Oleh karena itu, buatlah pokok-pokok penghargaan yang dipandang perlu terkait dengan kondisi umum yang sering berlaku dan perlu untuk diubah. Misalnya, jika anak-anak seringkali bermain saat beribadah, maka prioritaskanlah hal kesungguhan beribadah pada tanda penghargaan yang akan diberikan. Jika tampak perubahan pada sikap mereka di ibadah-ibadah selanjutnya, maka prioritas pun beralih kepada hal lain yang dipandang perlu, namun tidak dihilangkan sama sekali. Dengan demikian jenis penghargaan pun bervariasi.

Setiap anak atau pihak gereja menyiapkan satu buku kosong sebagai album berisikan tanda-tanda penghargaan mereka. Mereka mencatat hari, tempat pelaksanaan ibadah, serta jenis penghargaan yang diberikan hari itu  sehingga anak mengetahui jenis penghargaan apa yang tidak diterimanya dari pertemuan hari itu. Lihat contoh di bawah ini :







Akhir pertemuan dapat diisi dengan kegiatan menempelkan bintang-bintang yang mereka peroleh di hari itu. Tanda penghargaan ini memotivasi anak dan sekaligus melatih anak untuk melakukan respon yang baik dalam kegiatan persekutuan.


Pada halaman Album disediakan kolom "Orang Tua/Wali" dengan maksud anak akan membawa pulang Album Penghargaan mereka ini untuk diketahui oleh orang tua/wali anak (membubuhi tanda tangan). Anak yang, misalnya tidak bernyanyi saat bernyanyi, tidak akan mendapat tanda bintang dengan pokok itu sehingga ada satu kolom bintang yang tidak terisi tanda bintang tersebut. Dengan ini, orang tua juga mengetahui bagaimana sikap dan prilaku anaknya dalam mengikuti ibadat. Diharapkan orang tua akan memberi perhatian dan ikut membantu mengarahkan anak-anak mereka untuk bersikap dan berlaku benar dalam peribadatan.


Sistem ini sudah dipraktekan, seperti contoh di atas untuk kegiatan Sore Gembira, dan hasilnya cukup membantu para guru karena anak-anak dengan sendirinya berusaha menertibkan diri mereka sendiri.**HEP**


?|| PREVIOUS : Asal Mula Sekolah Minggu
||?

Senin, 07 Maret 2011

Adakah Kristen Keturunan?

TIDAK ADA!
kristen keturunan

Tuhan Yesus berkata:
Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, JIKALAU IA TIDAK DITARIK OLEH BAPA yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. (Yohanes 4:44)
Yohanes 6:65 Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat datang kepada-Ku, KALAU BAPA TIDAK MENGARUNIAKANNYA KEPADANYA.
Rasul Petrus menyampaikan hal ini pula dalam khotbahnya:
Kisah Para Rasul 2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."

Bukan hebat saya sebagai seorang pendeta jika ada seorang yang tidak percaya memutuskan mengikut Yesus Kristus setelah mendengarkan Injil Kristus yang saya sampaikan kepadanya. Saya hanya pemberita Injil Keselamatan Allah kepada mereka yang belum mengenal Kristus, selebihnya akan jelas keputusan Allah Bapa Sang Pencipta, apa ia terpilih oleh-Nya atau tidak.
I Korintus 3:6-7 --- (6) Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. (7) Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

Menjadi percaya BUKAN PILIHAN kita, melainkan adalah KASIH KARUNIA ALLAH YANG BERKENAN MEMILIH kita untuk beroleh keselamatan di dalam Yesus Kristus.
2 Tesalonika 2:13-14 --- (13) Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai. (14) Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita. 
Roma 8:29-30 --- (29) Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. (30) Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.
Sungguh, tidak satu pun kita dapat masuk ke dalam keselamatan Allah oleh Yesus Kristus Tuhan kita, jika bukan karena KASIH KARUNIA Allah yang berkenan MEMILIH KITA untuk diselamatkan.
Yohanes 15:16a BUKAN KAMU YANG MEMILIH AKU, TETAPI AKULAH YANG MEMILIH KAMU.
Maka sekalipun seseorang itu telah DEWASA secara fisik dan psikis sehingga dapat dipandang sudah dapat mengambil keputusan pribadi untuk memilih, jika ia tidak dipilih oleh Allah, maka ia tidak akan pernah menjadi seorang yang percaya kepada Yesus Kristus. Begitu juga sebaliknya, sekalipun manusia itu baru saja terlahir ke bumi, jika ia telah "DIPILIH-NYA DARI SEMULA", "DITENTUKAN-NYA DARI SEMULA" (Rm 8:29), maka ia "JUGA DIPANGGIL-NYA", "JUGA DITENTUKAN-NYA", "JUGA DIMULIAKAN-NYA" (Rm 8:30).


Jadi TIDAK ADA KRISTEN KETURUNAN di dalam dunia ini. Yang ada adalah ORANG-ORANG KRISTEN KASIH KARUNIA ALLAH! TUHAN Allah berkuasa menetapkan jalan bagi setiap orang yang dipilih-Nya untuk diselamatkan, termasuk melalui PERNIKAHAN YANG KUDUS dua insan manusia yang saling mengasihi. Pada saat Ia memberkati pasangan ini, TUHAN Allah tidak saja memberkati jalannya pernikahan itu sendiri, tetapi MEMBERKATI kesatuan dua insan ini dalam hidup dan kehidupan mereka selanjutnya sebagai suatu RUMAH TANGGA, sebagai suatu KELUARGA yang siap DIPIMPIN oleh Dia. Oleh kepemimpinan Kristus di dalam rumah tangga Kristen, sebagaiman halnya para penginjil  lainnya, ORANG TUA ADALAH UTUSAN-UTUSAN TUHAN UNTUK MEMBERITAKAN INJIL KRISTUS KEPADA ANAK-ANAKNYA.

Roma 10:13-15  --- (13) Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. (14) Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? (15) Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"
ORANG TUA ADALAH PENGINJIL. ORANG TUA ADALAH UTUSAN-UTUSAN TUHAN untuk menyampaikan kabar keselamatan Allah itu kepada anak cucunya. Pemahaman ini memang jarang ditemui dalam paham Pernikahan Kudus yang seringkali kita dengarkan baik dalam kelas pengajaran maupun dalam  renungan-renungan tentang hal ini. Jika kita memperhatikan catatan Alkitab tentang bagaimana sesungguhnya seseorang itu akhirnya menjadi seorang yang percaya (beberapa terkutip di atas), maka PERNIKAHAN KUDUS ADALAH PENEGUHAN SUATU LEMBAGA PENGINJILAN TERKECIL, yakni KELUARGA. Orang tua TERUTUS untuk memberitakan firman Allah kepada anak-anaknya
Ulangan 6:1-2, 6-9 --- (1) "Inilah perintah, yakni ketetapan dan peraturan, yang aku ajarkan kepadamu atas perintah TUHAN, Allahmu, untuk dilakukan di negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, (2) supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu.
(6) Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, (7) haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. (8) Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, (9) dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

Pasti ada tanggapan bahwa kalau orang-orang percaya adalah pilihan Allah, maka kalau begitu tidak usah ada kerja penginjilan. MENGINJIL bukan pilihan buat kita. Kita mau atau tidak  mau, menginjil adalah KEWAJIBAN kita, karena untuk itulah GEREJA ada di dunia ini, yakni dipanggil dari kegelapan untuk menjadi garam dan terang dunia (Mat 5:13-16). Jika gereja (manusia/lembaga) tidak mau, apa berarti Tuhan tidak berdaya?
Lukas 19:40 Jawab-Nya: "Aku berkata kepadamu: Jika mereka ini diam, maka batu ini akan berteriak." 
Yohanes 3:8 Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
Gereja harus menginsafi bahwa gereja hanya alat di tangan Tuhan untuk memberitakan Injil keselamatan itu. Gereja hanya dipanggil dan diutus, tetapi gereja bukan PAHLAWAN yang berhasil menaklukan hati orang menjadi percaya kepada Yesus Kristus. Hanya Ia yang menyelidiki hati dan batin orang (Why 2:23), yang sanggup menaklukan hati manusia itu sendiri. 
Amsal 16:9 Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya. 
Keluaran 33:19 Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."
PENGINJILAN ADALAH KERJA GEREJA, yakni kerja manusia-manusia yang percaya. Tetapi KEBERHASILAN PENGINJILAN ADALAH KERJA ROH KUDUS. Jadi tidak ada satu manusia pun dapat bermegah bahwa ia telah membawa satu jiwa kepada Tuhan, sebab yang ada adalah dialah yang dibawa oleh Roh Kudus (terpanggil dan terutus) kepada jiwa yang sudah ditetapkan Bapa di sorga untuk diselamatkan.

Jadi, camkanlah: TIDAK ADA ORANG-ORANG KRISTEN KARENA KETURUNAN. Yang ada adalah ORANG-ORANG KRISTEN KARENA KASIH KARUNIA ALLAH. Maka setiap hati yang percaya akan berseru: "Terpujilah TUHAN Allah kita di dalam Yesus Kristus sebab Ia telah berkenan memilih kita untuk diselamatkan." Terimakasih Tuhan.-- 
HEP.

Komentar Terhadap Artikel | Kesalahan Pemberian Berkat Oleh Pendeta di Akhir Ibadat

Saya membaca sebuah artikel yang terdapat di Forum Kristen.com dengan judul "Kesalahan pemberian berkat oleh pendeta di akhir kebaktian". <<< KLIK ini - [open in a new window] - jika Anda ingin membaca keseluruhan isi artikel itu, dan saya menyarankan Anda membacanya terlebih dahulu di sana .


Secara singkat dapat saya simpulkan di sini bahwa penulis artikel tersebut memandang adalah suatu kesalahan bahwa PENDETA yang memimpin ibadat memberikan berkat kepada jemaat sebagaimana biasanya di akhir ibadat. Tindakan itu adalah tindakan seorang Imam. Sementara masa ke-imam-an itu telah lama berakhir, yakni sampai masa Yohanes Pembaptis. Dan setelah masa Yohanes Pembaptis, masa ke-imam-an itu sudah berakhir dan yang berlaku adalah - -beliau mengambil dasar 1 Petrus 2:9, meski tidak dicantumkan --, beliau menulis "setiap orang Kristen adalah imam atas dirinya sendiri" dan Yesus Kristus adalah Imam Besar bagi semua orang Kristen. Jadi, menurut beliau, pemberkatan yang dilakukan oleh Pendeta  adalah suatu kesalahan sebab dengan melakukan itu Pendeta memposisikan dirinya sebagai imam, sedangkan "pada masa ini tidak ada orang lain yang berhak menjadi imam atas orang percaya lainnya, karena fungsi imam adalah penghubung antara manusia dan Allah", begitu tulis beliau. Demikian kesimpulan dari isi artikel tersebut. Perlu juga ditambahkan bahwa di bawah artikel ini, seperti biasa ada komentar-komentar para pembaca.

Hari ini [baru saja] saya juga memposkan komentar saya terhadap artikel itu. Entah akan dipublish atau tidak oleh administrator website tersebut, itu keputusan mereka. Tetapi di sini saya menyalin kembali komentar saya sebagaimana yang saya poskan di sana.



Demikian :
Karena dalam artikel ini Anda memandang hal "pemberkatan di akhir ibadat" itu hanya dari sudut pandang "imamat yang rajani", maka saya membatasi tanggapan saya sebatas sudut pandang ini pula. 
Pertama 
Benar, bahwa semua orang yang percaya kepada Yesus Kristus hidup di dalam Perjanjian Baru yang dimeteraikan dengan darah korban Anak Allah yang hidup (mis. Luk 22:20; Ibr 9:5), entah dia pendeta/gembala, penatua, diaken/syamas, SEMUA adalah imamat yang rajani.
1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.
Anda menggunakan imamat yang rajani ini sebagai dasar untuk menyatakan adalah salah seorang pendeta mengucapkan berkat di akhir ibadat. Namun pada saat yang sama Anda hendak mencabut hak pendeta - sebagaimana Anda sebut itu hak, yang diberikan Sang Imam Besar itu kepadanya sebagai imamat yang rajani berdasarkan 1 Ptr 2:9 ini pula. Bukankah seorang pendeta juga adalah komunitas imamat yang rajani? Kalau Anda bicara soal imamat yang rajani, maka pendeta tidak mengambil hak orang lain. Ia mengerjakan haknya; hak yang sama dimiliki oleh semua orang percaya. Anda ingin disebut ber"hak", namun Anda tidak ingin mengakui "hak" itu pun ada pada seorang pendeta.
Kedua.
Jika Anda hidup dalam masa "imamat yang rajani" maka tentu Anda tidak akan memandang pemberkatan itu sebagai tindakan seorang imam "Harun", tetapi sebagai seorang pelayan jemaat yang diutus oleh Kepala Gereja itu sendiri untuk mengerjakan pekerjaan-Nya bagi Gereja-Nya. Jadi menurut saya, Anda berada di dunia "imamat yang rajani", namun Anda sendirilah  yang mempertahankan pikiran Anda di masa "Harun". "Kesalahan" itu ada pada cara atau sudut pandang pikiran Anda sendiri, bukan pada diri para pendeta yang Anda klaim itu.
Ketiga.
Jika Anda berpikir bahwa adalah kesalahan seorang pendeta memberikan berkat di akhir ibadat, maka yang Anda kritisi bukan pendeta-nya melainkan TATA IBADAT GEREJA. Itu yang seharusnya Anda kritisi kalau Anda tidak mau ada orang  lain yang mengucapkan berkat bagi Anda atas kepercayaan yang diberikan Kepala Gereja kepadanya untuk melakukan pekerjaan-Nya bagi gereja-Nya. Karena siapapun dia yang bertugas untuk melayani ibadat jemaat akan tiba pada bagian liturgi "BERKAT". Siapapun dia,  bahkan Anda sekalipun pada saat Anda mendapat kepercayaan yang sama. Maka, jika unsur "Berkat" di penghujung ibadat ini telah Anda pandang sebagai "pelecehan" atas -- apa yang anda sebut -- HAK Anda sebab seorang imam dalam komunitas imamat yang rajani,  maka ajukanlah kritik dan saran agar unsur ini ditiadakan dalam suatu ibadat jemaat. Namun tentu saja, dengan itu Anda harus mengoreksi dasar-dasar unsur  "berkat" dalam ibadat di dalam Alkitab.
Dan keempat, trimakasih atas artikel ini n forum ini tentu saja.

[Oups!! Saya hampir saja menuliskan di sini "Kiranya Tuhan memberkati", namun dari tulisan Anda ini, Anda tidak memerlukan orang lain mengucapkan doa ini bagi Anda, maka cukuplah saya mengakhiri pandangan saya di sini dengan :]

SALAM, HEP.

SHALOMGOD BLESS YOU

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India